onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false"

Sunday, March 28, 2010

Artikel Data Pengamatan

Penurunan Jumlah Pengunjung Perpustakaan


Jumlah pengunjung perpustakaan kampus D Gunadarma mengalami penurunan yang cukup besar. Pernyataan ini didasarkan pada perbandingan yang saya lakukan selama menjadi mahasiswa Gunadarma, khususnya pada observasi yang telah saya lakukan dari hari senin (22 Maret 2010) hingga jumat (26 Maret 2010) pada pukul 10.00 WIB selama 30 menit tiap harinya.

Mayoritas pengunjung yang datang berasal dari kalangan mahasiswa dan mahasiswi. Kegiatan yang mereka lakukan di perpustakaan antara lain membaca buku, meminjam buku, mengakses internet atau bahkan ada yang datang hanya untuk melihat – lihat dan menyapa pengunjung lain. Sebenarnya minat dan antusiasme pengunjung sangat tinggi, namun banyak juga hambatan yang membuat mereka enggan untuk berkunjung. Banyak dari mereka, termasuk diri saya sendiri yang mengeluhkan tentang jumlah kunci loker yang terbatas karena banyak loker yang rusak, dan akses internet yang cukup sulit terutama jika pengunjung yang datang sudah semakin banyak. Alasan – alasan tersebut membuat mereka lebih memilih untuk berada di luar perpustakaan daripada masuk ke dalam perpustakaan. Seringkali ketika saya datang kunci loker telah habis padahal jarum jam baru menunjukkan pukul 09.30 WIB. Setelah saya amati beberapa hari, ternyata banyak pengunjung yang menitip kunci loker pada temannya yang menjadi asisten di perpustakaan. Jika hal itu diketahui oleh mahasiswa lain maka mahasiswa akan semakin malas untuk datang ke perpustakaan dan tingkat kepercayaan mahasiswa akan menurun. Sehingga banyak diantara mereka yang lebih memilih mencari sumber bacaan di internet daripada membaca di perpustakaan.

Untuk mengatasi masalah tersebut alangkah lebih baik jika pihak Universitas meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan. Salah satunya dengan cara memperbaiki loker – loker yang telah ada sehingga dapat menampung lebih banyak mahasiswa yang ingin berkunjung.



3 comments:

  1. Bukan hanya itu aja Mer!!, contoh yang aku teliti belom lama ini perpus sengaja matiin seluruh stop kontak yang bagian depan,tapi AC gak mati apa itu gak aneh ???. Jangan2 ada kongkalikong dgn asisten lain ~o~

    ReplyDelete
  2. betul2...
    makanya sekatang pengunjung perpus makain tambah sepi...

    ReplyDelete
  3. betul2...
    makanya sekarang pengunjung perpus makin tambah sepi...

    ReplyDelete

Blog ini masih butuh saran dan kritik.
Oleh karena itu dimohonkan kepada siapa saja yang bersedia untuk memberikan komentar, baik berupa saran maupun kritik yang membangun untuk blog ini.
Terimakasih.