onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false"

Friday, October 9, 2009

Khasiat Jahe

Selain dikenal sebagai bumbu masakan. Jahe juga dimanfaatkan manusia selama ribuan tahun sebagai obat – obatan. Sampai sekarang jahe masih digunakan secara luas sebagai obat tradisional untuk mengatasi mual dan gangguan pencernaan. Seperti tanaman sejenisnya, kunyit, temulawak, bagian yang umum dipakai adalah akarnya, tepatnya rimpangnya.
Jahe dapat melindungi sistem pencernaan dengan menurunkan keasaman lambung (menaikkan pH-nya), menurunkan sekresi asam lambung tetapi meningkatkan aktivitas enzim pencernaan serta ampuh menghambat terjadinya iritasi (sariawan). Jahe dapat mengurangi peradangan pada arthritis dengan cara menghambat produksi hormon dalam tubuh yang memicu peradangan. Jahe juga dapat mengurangi nyeri pada kepala akibat migren tanpa efek sampingan serta dapat mmenurunkan kadar kolesterol dalam darah dan liver.
Untuk mengatasi mabuk kendaraan, pusing dan mual, mengurangi kembung dan nyeri kronis, minumlah teh jahe ataupun suplemen jahe.
Untuk mengatasi nyeri otot, jahe juga dapat digunakan sebagai obat luar berupa minyak jahe yang dicampur dengan minyak pijat seperti minyak zaitun.
Satu – satunya efek kelebihan jahe adalah menimbulkan rasa tidak nyaman pada pencernaan.

No comments:

Post a Comment

Blog ini masih butuh saran dan kritik.
Oleh karena itu dimohonkan kepada siapa saja yang bersedia untuk memberikan komentar, baik berupa saran maupun kritik yang membangun untuk blog ini.
Terimakasih.